Sabtu, 17 Desember 2011

PERMASALAHAN DAN SISTEM SOLUSI AI

PERMASALAHAN DAN SISTEM SOLUSI AI

Penyelesaian Masalah berdasarkan teknik AI
Empat hal untuk membangun sistem atau memecahkan masalah tertentu :
  1. Definisikan masalah dengan jelas
  2. Analisis masalah
  3. Kumpulkan dan representasikan knowledge
  4. Pilih teknik pemecah masalah terbaik dan gunakan untuk masalah tertentu

Mendefinisikan Masalah sebagai “State Space Search” (SSS). Misalnya permainan catur, maka SSS nya adalah :
*      Menspesifikasikan posisi awal dari papan catur
*      Peraturan (rules) yang mendefinisikan langkah-langkah yang legal
*      Posisi papan yang merepresentasikan pemenang dari satu sisi atau sisi lainnya.
*      Tujuan (Goal) dari permainan adalah : Memenangkan permainan.

Pendefinisian Masalah Sebagai Pencarian Ruang Keadaan
Masalah utama dalam membangun sistem berbasis AI adalah bagaimana mengkonversikan situasi yang diberikan ke dalam situasi lain yang diinginkan menggunakan sekumpulan operasi tertentu.

Penyelesaian Masalah berdasarkan teknik AI
Empat hal untuk membangun sistem atau memecahkan masalah tertentu :
  1. Definisikan masalah dengan jelas
  2. Analisis masalah
  3. Kumpulkan dan representasikan knowledge
  4. Pilih teknik pemecah masalah terbaik dan gunakan untuk masalah tertentu

Contoh: A Water Jug Problem
Anda diberi dua buah gelas, yang satu ukuran 4 galon dan yang lain 3 galon. Kedua gelas tidak memiliki skala ukuran. Terdapat pompa yang dapat digunakan untuk mengisi gelas dengan air. Bagaimana anda mendapatkan tepat 2 galon air di dalam gelas 4 ukuran galon? Ruang masalah untuk masalah di atas dapat digambarkan sebagai himpunan pasangan bilangan bulat (x,y) yang terurut, sedemikian hingga x = 0, 1, 2, 3, atau 4 dan y = 0, 1, 2, atau 3; x menyatakan jumlah air dalam gelas ukuran 4 galon, dan y menyatakan jumlah air dalam gelas ukuran 3 galon. Keadaan mula-mula adalah (0,0). State tujuan adalah (2,n) untuk setiap nilai n.
Operator-opeartor (aturan produksi) yang digunakan untuk memecahkan masalah terlihat pada gambar 2.2

1.
(x,y)
If x < 4
(4,y)
Isi penuh gelas 4 galon
2.
(x,y)
If y < 3
(x,3)
Isi penuh gelas 3 galon
3.
(x,y)
If x > 0
(x-d,y)
Buang sebagian air dari gelas 4 galon
4.
(x,y)
If y > 0
(x,y-d)
Buang sebagian air dari galon ukuran 3 galon
5.
(x,y)
If x > 0
(0,y)
Kosongkan gelas 4 galon
6.
(x,y)
If y > 0
(x,0)
Kosongkan gelas 3 galon
7.
(x,y)
If x+y ≥4 and y > 0
(4,y-(4-x))
Tuangkan air dari gelas 3 galon ke gelas 4 galon sampai gelas 4 galon penuh
8.
 (x,y)
If x+y ≥3 and x > 0
(x-(3-y),3)
Tuangkan air dari gelas 4 galon ke gelas 3 galon sampai gelas 3 galon penuh
9.
(x,y)
If x+y ≤4 and y > 0
(x+y,0)
Tuangkan seluruh air dari gelas 3 galon ke gelas 4 galon
10.
(x,y)
If x+y ≤3 and x > 0
(0,x+y)
Tuangkan seluruh air dari gelas 4 galon ke gelas 3 galon
11.
(0,2)
(2,0)
Tuangkan 2 galon air dari gelas 3 galon ke gelas 4 galon
12.
(2,y)
(0,y)
Buang 2 galon dalam gelas 4 galon sampai habis.

Gambar 2.2 Aturan produksi untuk Water Jug Problem.


Jumlah galon dalam gelas 4 galon
Jumlah galon dalam gelas 3 galon
Aturan yang dilakukan
0
0
-
0
3
2
3
0
9
3
3
2
4
2
7
0
2
5 atau 12
2
0
9 atau 11

Gambar 2.3Suatu solusi untuk Water Jug Problem.

Representasi ruang keadaan dengan pohon pelacakan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar